Rabu, 12 September 2012

INTERNET DAN SAUDARANYA

Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua  pehubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data dari satu komputer ke komputer lain. 


pengertian web site

Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.


Pengertian Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).


Pengertian hosting
hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.sedang hosting itu sendiri adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumberdaya server server untuk disewakan sehingga memungkinkan kalau organisasi atau individu untuk menempatkan di internet berupa HTTP,FTP,DWS (tempat penampung data wibesite)

Pengertian domail
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address.
Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jenis jenis domain
·  Nama domain dalam kategori GTLD atau Generic Top Level Domain Names, yang termasuk kedalam jenis domain ini adalah .com .net .org .edu dan beberapa nama domain lainya
·  Nama domain dalam kategori CCTLD atau Country Code Top Level Domain Names, yang termasuk dalam kategori ini diantaranya .id untuk negara Indonesia, .us untuk negara Amerika Serikat, .uk untuk kerajaan Inggris, dan lain sebagainya
·  Nama domain dalam kategori Second Level Domain, ada beberapa negara yang memberlakukan second level domain untuk mengkategorikan para pengguna nama domainnya, diantaranya Indonesia dengan .co.id, .web.id, .org.id dan lain sebagainya. contoh lain Inggris dengan .co.uk, .org.uk, dan sebagainya
·  Selain itu ada kategori Sub Domain, yang sebenarnya merupakan bagian dari nama domain TLD, contoh sub domain misalnya namawebsite.blogspot.com, namawebsite.wordpress.com dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar